TNI MENGAWAL SWASEMBADA PANGAN SUKAMARA

By admin 28 April 2015

Pembangunan sektor pertanian dan peternakan terus dipacu dan semakin gencar dilakukan, mengingat kontribusinya yang sangat besar terutama untuk memenuhi kebutuhan pangan yang pada akhirnya juga dapat menjamin terjaganya stabilitas nasional.  Dan hal ini telah mendapat perhatian serius dan menjadi tekad Presiden Republik Indonesia Jokowi untuk mencapai Swasembada Pangan dalam waktu 3 tahun mendatang yang dimulai di tahun 2015 ini, sehingga Swasembada Pangan bagi Rakyat Indonesia terwujud di Tahun 2017.

Pada Tanggal 23-24 April 2015, dilaksanakan penandatanganan Pakta Integritas Upaya Khusus (UPSUS) Percepatan Swasembada Padi, Jagung dan Kedelai. Upaya Khusus Peningkatan Produksi Padi, Jagung dan Kedelai dicapai melalui pendampingan/pengawalan UPSUS bersama pihak TNI Wilayah Kabupaten Sukamara. Penandatangan Pakta Integritas ini dilaksanakan antara Bupati Sukamara dan Perwira Penghubung, di Tingkat Kecamatan dilaksanakan antara Para Camat dan Komandan Rayon Militer, dan di Tingkat Desa antara Kepala Desa dan Babinsa.

Sosialisasi Program UPSUS ini dilaksanakan oleh BPTP Provinsi Kalteng bertempat di aula Dinas Pertanian Kabupaten Sukamara. Dengan jumlah peserta  150 orang yang terdiri dari Staf Dinas Pertanian dan Peternakan, Gabungan Kelompok Tani Gapoktan/Poktan, Petugas Penyuluh lapangan (PPL) se- Kabupaten Sukamara.

Bupati Sukamara Haji Ahmad Dirman dalam sambutannya menyampaikan Pemerintah Kabupaten Sukamara bertekad untuk meningkatkan produksi padi, jagung dan kedelai sebesar 15 % dari tahun 2014 melalui peningkatan Indeks Pertanaman (IP) dan peningkatan produktivitas.  Kegiatan Upsus ini dilakukan melalui kegiatan perbaikan infrastruktur pertanian rakyat terutama perbaikan jaringan irigasi, percepatan optimalisasi lahan, bantuan benih unggul, pupuk dan alsintan serta peningkatan pengawalan oleh penyuluh. Dan program ini. 

Program ini menjadi strategi dan faktor yang penting untuk mencapai keberhasilan program Program Upaya Khusus (UPSUS) Percepatan Swasembada Padi, Jagung dan Kedelai dan ditargetkan di tahun 2017 dapat mencapai Kedaulatan Pangan, seperti yang dicanangkan oleh Presiden Republik Indonesia bersama TNI.

Program UPSUS ini dilaksanakan secara serentak di beberapa provinsi di Indonesia termasuk di Provinsi Kalimantan Tengah khususnya Kabupaten Sukamara.  Secara Regional di Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah, tahun 2015 ini di targetkan untuk mencapai produksi padi 1 (satu) juta ton, jagung 8.794 ton dan kedelai sebesar 2.638 ton.

Semoga program yang sudah direncanakan untuk swasembada pangan di Kabupaten Sukamara mendorong kemandirian pangan. Amiin

 

 

Write a comment

Komentar Anda