Syukuran Laut di Pantai Lunci

By admin 27 Desember 2016

Bumi Gawi Barinjam sebagai daerah terbuka merupakan jalur bertemunya berbagai adat istiadat nusantara.  Dikenal kaya dengan berbagai tradisinya yang unik Sukamara tetap melestarikan tradisi tersebut.  Pemerintah Kabupaten Sukamara menggelar Acara Syukuran Laut ke-7 tahun 2016 di Pantai Citra desa Cabang Barat Kecamatan Pantai Lunci pada Kamis, 22 Desember 2016 Pukul 08.30 WIB.

Syukuran Laut adalah ungkapan rasa syukur masyarakat pesisir Kecamatan Pantai Lunci melalui ritual pelestarian dan pengelolaan laut secara berkesinambungan. Syukuran Laut ini juga memiliki nilai ekonomi dan nilai wisata, dengan adanya kegiatan ini, diharapkan akan membuka peluang kegiatan Kepariwisataan dan Kelautan.

Kegiatan ini dipimpin Bupati Sukamara Haji Ahmad Dirman yang sekaligus melakukan kegiatan tabur bunga di laut.  Bersama dengan para nelayan beliau menjelaskan kegiatan tabur bunga ini sebagai rangkaian prosesi untuk mengenang dan menghargai jasa para leluhur. Acara ini dihadiri oleh Wakil Bupati Sukamara Haji Windu Subagio, Ketua DPRD, Sekretaris Daerah Haji Sumantri SHW, Para Pemuka Agama, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Adat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sukamara.

Haji Ahmad Dirman mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada semua pihak yang telah membantu atas terselenggaranya syukuran laut ini, kepada para masyarakat yang telah ikhlas untuk memberi dukungan berupa moril maupun materil, sehingga kita dapat melaksanakan aktifitas sehari-hari dengan lancar.

Semoga Allah SWT melimpahkan keselamatan dan rezeki yang berkah dan manfaat bagi kita semua.  Aamiin

Write a comment

Komentar Anda