Profil Daerah Kabupaten Sukamara

Profil Daerah

Sukamara adalah salah satu daerah di Kalimantan Tengah yang kaya akan berbagai sumberdaya alam sehingga layak diberi julukan sebagai Kota Permata. Sumberdaya alam ini tentunya perlu kita manfaatkan sebaik-baiknya untuk kemakmuran rakyat seperti diamanatkan dalam pasal 33 UUD 1945. Pemanfaatan alam yang meliputi sumberdaya air, hutan, lahan, energi dan mineral, pesisir dan laut dan sumberdaya lainnya yang berkelanjutan bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat untuk generasi hari ini dan generasi masa depan. Untuk itulah kita mengenal konsep pembangunan berkelanjutan yang berwawasan lingkungan.

Sejalan dengan era otonomi daerah yang sedang bergulir, pengembangan erekonomian daerah tidak lagi sepenuhnya menggantungkan diri pada pemerintah pusat. Pemerintah daerah (Pemda) didorong untuk dapat memanfaatkan keunggulan geografis daerah guna mengembangkan perekonomian yang berorientasi pasar, namun tetap memperhatikan daya dukung lingkungan dan kapasitas sumberdaya alam.

Untuk mendukung peningkatan akses informasi Sumber Daya Alam di Kabupaten Sukamara perlu dilakukan inventarisasi potensi Sumber Daya Alam dengan menggunakan analisa geospasial. Dengan pemahaman tersebut diharapkan hasilnya dapat dimanfaatkan untuk menyusun suatu Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten (RTRWK) yang komprehensif dan terpadu dalam konsep unit gugusan wilayah. Perencanaan dan pengelolaan Sumber Daya Alam yang baik mutlak diperlukan untuk menjaga kelestariannya.

Di wilayah kelurahan, desa, dan kecamatan yang tersebar di Kabupaten Sukamara, sampai saat ini terus mengembangkan dan merencanakan wilayah sesuai dengan kondisi potensinya yang ada, namun hal ini memerlukan kesiapan daerah dalam mengantisipasi tantangan-tantangan dari perkembangan pembangunan tersebut, baik saat ini maupun di masa yang akan datang, oleh karena itu maka eksistensi pembangunan di daerah sangat ditentukan oleh kemampuan para pengelola daerah dalam mengatasi tantangan tersebut dan memanfaatkan potensi sumberdaya alam yang dimiliki secara efektif dan efisien.

Untuk itu, diperlukan informasi yang memadai yang bisa dipakai oleh pengambil keputusan, termasuk diantaranya informasi spasial Sumber Daya Alam. Selama satu dekade terakhir Pemda Kabupaten Sukamara telah melakukan upaya pemanfaatan teknologi Sistem informasi Geografis (SIG) dengan menggunakan citra satelit dalam menunjang pengelolaan Sumber Daya Alam di berbagai bidang.